Berita Aneh dan Lucu

Gambar Unik Dan Lucu

Membuat Animasi Blogger

Inilah Truk Raksasa Super Jumbo Di Dunia

Selasa, 11 Oktober 2011

Truk pertambangan memang sejatinya dibuat dengan ukuran ekstra besar dengan daya angkut yang cukup kuat.
Namun kemampuan truk yang satu ini memang di atas rata-rata truk tambang lainnya. Bayangkan saja, turk tersebut sanggup mengangkut 470,4 meter kubik batubara dan density mencapai 0,86 ton/m3. Daya angkut ini setara dengan daya angkut 4,5 gerbong kereta batubara.

Dibangun oleh perusahaan Westech di Amerika Serikat (AS), truk berjuluk Westech T282C ini sebenarnya memiliki desain standar layaknya truk pertambangan lain di Eropa dan beberapa negara di dunia.


Hanya saja ukurannya sangat besar dengan ban super jumbo plus desain bak yang ekstra besar. Karenanya truk yang bodinya mampu menahan beban hingga 404,544 metrik ton itu pun diganjar penghargaan dari Guiness World Record sebagai truk pertambangan terbesar di dunia.


Westech T282C sendiri kini digunakan di North Antelope Rochelle Mine, Wyoming, AS, pada 19 Juli 2011 lalu. Kepala Desainer Westech Rick Reynolds menjelaskan, ia tidak pernah berpikir truk ini akan mencatat rekor dunia.


Desain awal T282C bermula pada Desember tahun lalu saat ada permintaan khusus dari Peabody Energy untuk pertambangan di North Antelope. "Mereka ingin mengangkut banyak batu bara dengan waktu yang cepat," kata Reynolds seperti dikutip dari billingsgazette.com, Kamis (8/9/2011).


Rencananya truk enam roda itu akan dipamerkan pada pameran pertambangan di Las Vegas, AS, tahun depan.




Artikel Terkait:

0 Comments: